Presiden Jokowi Luncurkan Produk Riset, Teknologi dan Inovasi Penanganan Covid-19

hendri, 20 May 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan produk riset, teknologi dan inovasi untuk percepatan penanganan pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Istana Negara pada Rabu (20/5/2020).

"Dengan mengucap bismilah saya luncurkan produk inovasi covid-19 hari ini," ujar Presiden Joko Widodo melalui siaran konferensi video.

Di tengah pandemi Covid-19, banyak komunitas ilmuwan dalam negeri yang menciptakan berbagai inovasi yang digunakan sebagai medium perlawanan penyebaran virus ini. Dari mulai lembaga negara, akademisi dari universitas negeri terkemuka, hingga pihak swasta yang melakukan inovasi dalam rangka pengendalian penyebaran.

"Dari tangan-tangan anak bangsa ini, kita mampu menghasilkan karya yang dibutuhkan pada krisis wabah Covid-19," katanya.

Ia mencontohkan, Kementerian Riset dan Teknologi dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (Ristek dan BRIN) telah berhasil mengembangkan Polymerase chain reaction (PCR) test kid, non PCR Diagnostic test, ventilator, Mobile Biosafety Level (BSL) 2 dan lain sebagainya. Semua ini dapat digunakan untuk membantu pemerintah memutus mata rantai Covid-1 di dalam negeri.

Melalui inovasi yang dihasilkan tersebut, lanjut Presiden, membuat pemerintah semakin optimis dalam menghadapi wabah Covid-19 di berbagai wilayah. Setiap kebutuhan yang berkaitan dengan penanganan virus saat ini sudah bisa disediakan oleh industri lokal.

Kebutuhan akan alat kesehatan (Alkes) untuk penanganan sudah bisa disediakan melalui berbagai inovasi yang diciptakan. Hal ini membuktikan indutsri kesehatan lokal sudah mandiri dan bisa lepas dari bayang-bayang pihak swasta asing dalam memproduksi alat Alkes.

"Saya sangat optimis sekarang ini, kita bisa mandiri memproduksi di bidang kesehatan dalam penanganan Covid-19," pungkasnya. (***)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu