Taman Wisata Cagar Alam Rimbo Panti, Permata Hijau Konservasi di Pasaman

WARTASUMBAR.COM: PASAMAN ---Taman Wisata Cagar Alam Rimbo Panti merupakan salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Pasaman Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten Pasaman merupakan salah satu Kabupaten yang dilalui garis khatulistiwa di Provinsi Sumatera Barat. Taman wisata Cagar Alam Rimbo Panti ini dikelola oleh Balai Konservasi Sumberdaya Alam Sumatera Barat bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman dalam hal ini Dinas Pariwisata Kabupaten Pasaman. 

Sekitar 570 hektar dari Cagar Alam Rimbo Panti dijadikan taman wisata karena kekayaan flora dan fauna nya. Ada banyak sekali spesies hewan dan tumbuhan yang menghuni hutan ini. Air panas yang selalu mengalir dari perut rimbo ini juga menjadi tujuan utama kunjungan para pelancong. Tak heran jika Rimbo Panti saat ini merupakan TWA terluas di Sumatra Barat dan dijuluki "Permata Hijau di Pasaman,".

Taman Wisata Cagar Alam ini sangat mudah dijangkau karena terletak di kiri dan kanan jalan raya lintas Bukittinggi-Medan, dengan jarak tempuh + 30 km dari Kota Lubuk Sikaping atau + 100 km dari Kota Bukittinggi .

Di taman wisata Cagar Alam Rimbo Panti ini terdapat 3 objek wisata utama yaitu Sumber Mata Air Panas dan gedung herbarium. Disini juga disediakan kolam pemandian air panas bagi pengunjung yang ingin mandi seraya menikmati keindahan Cagar Alam Rimbo Panti ini.Taman wisata alam ini sering dikunjungi oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. 

Udaranya yang sejuk dan beraroma basah menjadi suatu sensasi tersendiri saat anda melewati jalur wisata Rimbo Panti. Setelah anda menelusuri jalan setapak yang berupa jejeran tunggul kayu, perhatian anda akan beralih pada perubahan landscape yang ada di sana. 

Di tengah rimbunnya hutan ini, maka pengunjung pun bisa menemukan kehangatan dari banyaknya sumber air panas dan juga mata air yang terdapat di daerah sekitarnya. 

Rimbo Panti ini memiliki beberapa titik mata air panas yang berupa telaga besar mau pun telaga kecil dengan memiliki suhu air rata-rata 70 derajat Celcius. Bahkan disini juga terdapat telaga yang memiliki suhu air yang mencapai 100 derajat Celcius yang juga merupakan suhu titik didih air.

Berbicara soal kekayaan alam, Rimbo Panti ditumbuhi banyak tumbuhan yang masuk ke kategori langka dan dilindungi. Seperti bunga bangkai (Amorphophalus titanum), bunga raksasa (Rafflesia arnoldi), berbagai jenis anggrek serta pohon Andalas (Morus macroura) yang merupakan maskot Provinsi Sumatera Barat dan namalain Sumatera.

Air panas yang terdapat di banyak titik di sekitar kawasan ini berasal dari sumber energi geotermal yang ada di sekitarnya. Pada lokasi ini, kebanyakan wisatawan yang datang membawa telur mentah yang kemudian bisa direbus selama 10 menit dan akhirnya matang. (Anto)