Akibat Ledakan Tabung Gas 3 Kilo, Kobaran Si Jago Merah Kian Menjadi-jadi

INDONESIASATU.CO.ID:

SAPAN KUA-KUA, - Musibah kebakaran rumah menimpa Daniel Simata alias Papa Mira Umur (48) warga Dusun Limbong, Lembang Sapan Kua-kua, Kecamatan Buntao, Kabupaten Toraja Utara, Selasa (23/10/2018) sekitar pukul 14.00 Wita.

Rumah Daniel dan seisinya ludes terbakar. Diduga dikarenakan adanya hubungan arus pendek listrik yang terjadi di dapur rumah. Warga setempat berupaya keras memadamkan api dengan alat seadanya. Tapi kobaran api yang besar, meludeskan rumah terbuat dari kayu.

"Kejadiannya sekitar pukul 14.00 Wita saksi an.Marten Tampo tetangga korban. Jarak saksi sekitar (80 meter) dari rumah korban melihat, api cepat menyala dari bagian dapur rumah panggung semi permanen, saat itu juga api terlihat semakin membesar setelah ada ledakan tabung gas," Sambungnya.

Linus menceritakan, " Api menjalar dan semakin membesar lalu kemudian saksi berteriak memanggil warga sekitar, pada saat itu saksi melihat pemilik rumah sudah datang membawah beras Rasta yang diambil dari Kantor Lembang (Desa) kemudian datanglah warga sekitar untuk menolong. Namun api dengan cepat dalam jangka 30 menit menghabiskan rumah tersebut," Cetus Kapolsek Sanggalangi AKP Linus Kondong saat dihubungi melalui telepon selulernya. Kamis (25/10/2018).  

Papa Mira pun kaget, melihat rumahnya dilalap si jago merah. Rumah panggung miliknya, semi permanen itu habis terbakar dan1unit Lumbung habis terbakar. Sekitar 80 karung gabah habis terbakar. Papa mira bersama dengan kerabatnya berupaya memadamkan api.

Warga pun bahu-membahu dan berusaha keras tapi, kobaran api tidak terbendung.Pemadaman dengan alat seadanya. 

Menurut keterangan warga api sangat cepat membakar seluruh rumah panggung dan Alang (Lumbung) dan menjadi rata dengan tanah. Dugaan sementara api berasal dari aliran arus pendek listrik.

Api menghanguskan rumah Papa Mira. Kobaran Api setelah satu jam kemudian padam dengan sendirinya.

Dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa namun kerugian materil diperkirakan sekitar Rp200.000.000- (dua ratus juta rupiah).

Editor: Fatli

 

  • Whatsapp

Index Berita