PDI Perjuangan Raih Suara Terbanyak Pastikan Jadi Ketua Dewan

indonesiasatu, 20 Jul 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

KOTA KEDIRI-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri gelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota (DPRD) Kota Kediri Tahun 2019.

Bertempat di Grand Surya Hotel Jalan Dhoho Kota Kediri, Sabtu (20/7/2019) pukul 19.00 WIB.

Ketua KPU Kota Kediri Puspo Rini Endah Palupi mengatakan, anggota dewan yang ditetapkan terpilih untuk Dapil 1 Kecamatan Kota sebanyak 9 orang, Dapil 2 Kecamatan Pesantren 9 orang. Disusul untuk Dapil 3 Kecamatan Mojoroto sebanyak 12 orang. Jadi total dewan yang terpilih sebanyak 30 orang.

"Jumlah kursi yang terbanyak diraih PDI Perjuangan sebanyak 5 kursi, yang kedua PAN juga meraih 5 kursi. Tetapi, PDI P lebih unggul dibanding PAN ada selisih perolehan suara sebanyak 547 suara," ucap Puspo kepada media ini. 

Menurut Puspo bahwa PDI Perjuangan meraih kursi terbanyak di Dapil 3 Kecamatan Mojoroto dan Dapil 1 Kecamatan Kota masing-masing meraih  2 kursi. Sedangkan, Dapil 2 Kecamatan Pesantren mendapat 1 kursi. Jadi total yang diraih PDI Perjuangan 5 kursi.

Disinggung terkait calon ketua DPRD Kota nanti Puspo menegaskan, sebagai calon ketua dewan karena suara PDI P lebih banyak maka yang akan menjadi ketua dari PDI Perjuangan.

"Terkait siapa yang menjadi ketua hal itu tergantung dari internal partai, dikarenakan Gus Sunoto juga calon terpilih tidak menutup kemungkinan Gus Sunoto sebagai ketua dewan nanti, "urainya.

Puspo menambahkan, setelah menetapkan calon terpilih hari ini, kemudian kita mengajukan pengusulan pelantikan dewan kepada Gubernur Jawa Timur melalui Walikota Kediri yang direncanakan tanggal 21 Agustus nanti.

"Alhamdulillah dari hasil rapat pleno ini tidak ada keberatan dari saksi maupun parpol dan persyaratan administrasi dari calon terpilih sudah dilengkapi semuanya,"ungkapnya.

Sebelumnya, jadwal penetapan sempat tertunda, yang direncanakan pada tanggal 4 Juli 2019.

Ditundanya penetapan dikarenakan, ada surat dari KPU RI terkait penundaan penetapan. Dikarenakan, Mahkamah Konstitusi (MK) belum menerbitkan buku register perkara konstitusi (BRPK).

Sehingga, KPU RI tidak memperbolehkan untuk KPU Kabupaten/Kota maupun Provinsi untuk menetapkan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih.

Hadir dalam kegiatan ini saksi dari parpol, Bawaslu, Forkopimda Kota Kediri dan stakeholder yang lainnya. (prijo) 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu