Pawai Budaya dalam Rangka HUT Pasaman ke-73

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN --- Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Pasaman ke- 73 Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis melepas secara resmi Pawai Budaya Pasaman membangun. Dengan melibatkan 12 Kecamatan, 37 Nagari dan 25 nagari persiapan se-Kabupaten Pasaman di Lubuk Sikaping. Sabtu (08/10/2018).

Selain itu Pawai Budaya Pasaman membangun ini juga melibatkan seluruh Instansi pemerintahan, BUMN, BUMD dan seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kabupaten Pasaman yang akan diterima langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Pasaman. yang turut hadir pada pawai itu Muspida di panggung Kehormatan yang bertempat di Lubuksikaping.

Kurang Lebih hampir 10 ribu masyarakat dan diperkirakan sepanjang 3 Km yang ikut memeriahkan perayaan Hut Pasaman yang Ke 73 ini, dengan menampilkan berbagai macam budaya dari masing-masing daerah, seperti rombongan Ronggeng dari Kecamatan Dua Koto.

Talempong, Gordang Sambilan Mandailing, tari Piring, Rebana dari pengajian wirid yasin, juga di suguhkan dengan berbagai keunikan mobil-mobil yang dirancang sekian rupa oleh dinas-dinas yang ada di Pasaman seperti, mobil Ala dinas Pendidikan.

Juga Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian, BPJS, mobil Perpustakaan Daerah, Mobil Dinas kehutanan, Dinas BPBD, RSUD, Duscapil, Para TNI, Polri, Dan tidak ketinggalan BRI, BNI, Dan Bank Nagari ikut nemeriahkan, ini adalah suatu bukti nyata kalau masyarakat Pasaman punya Beragam adat, suku, akan tetapi bisa rukun, damai, dan sejahtera.

Bupati dalam pelepasnnya mengatakan tujuan dari Pawai budaya Pasaman membangun ini adalah selain memperingati hari jadi Pasaman ke 73 juga kita ingin sejahtera lahir batin, Agamis, dan berbudaya sesuai dengan visi misi kita pasaman.

"Acara ini kita laksanakan di seluruh kabupaten pasaman, camat Walinagari kita libatkan disini demi memeriahkan acara ini," katanya.

Terpisah Kabag Humas Pasaman Delsi Syafei mengatakan, Ulang Tahun Pasaman yang ke 73 ini (8 Oktober 2018) bagi pemerintah daerah Kabupaten Pasaman, ini merupakan sebuah momentum yang sangat strategis untuk mewujudkan apa yang menjadi visi misi pasaman kedepan.

"Kita tahu bersama bahwa visi misi pemerintah daerah Yusuf Lubis-Atos Pratama dalam rangka meningkatkan Kesejahteraan, kehidupan beragama, dan dalam rangka meningkatkan kecintaan terhadap budaya.tentu saja kita anggap inilah momentumnya merupakan batu loncatan," jelasnya.

Kita berharap kedepannya dengan adanya momentum ini, kita bisa kembali melaksanakan program-program atau kegiatan yang sudah tercantum dalam RPJMD.(anto)

  • Whatsapp

Index Berita