Optimalkan Potensi Wisata dan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Kabupaten Lebak Jalin Kerjasama dengan Universitas Mercu Buana

INDONESIASATU.CO.ID:

RANGKASBITUNG – Keberadaan perguruan tinggi di Indonesia kini kian dibutuhkan, khususnya bukan hanya sekedar sebagai centre of excellence atau pusat pemikiran dan ilmu pengetahuan tetapi juga centre of change atau pusat perubahan. Saat ini masih banyak perguruan tinggi hanya fokus pada proses pembelajaran semata, dan kurang memiliki peran dan posisi strategis dalam membantu Bangsa dalam menggali potensi daerah dan mengangkat kearifan lokal.
Menjawab tantangan tersebut, Universitas Mercu Buana melakukan langkah strategis dengan menjalin kerjasama yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of

Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten Lebak dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa guna melaksanakan kerjasamanya di bidang pelatihan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, khususnya pada sektor pendidikan, komunikasi pariwisata dan ekonomi kreatif. Penandatanganan MoU dan MoA yang berlangsung pada hari Senin, 12 Februari 2018 ini ditandatangani oleh Dr. Ir. Arissetyanto Nugroho, MM selaku Rektor Universitas Mercu Buana, Dr. Agustina Zubair, M.Si selaku Dekan Fikom Universitas Mercu Buana dan Ibu Hj. Iti Octavia Jayabaya, SE, MM selaku Bupati Kabupaten Lebak. Selain itu, penandatanganan MoA ini dilakukan oleh para pejabat dari dua belah pihak. 

Bagi Fikom Universitas Mercu Buana sendiri, program kerjasama ini merupakan bagian dari komitmen fakultas dalam mendukung pemerintah dalam medorong terciptanya pembangunan yang paritipatif, serta upaya membantu pemerintah dalam menyiapkan sumber daya manusia yang handal melalui program-program pembekalan kompetensi bagi masyarakat, khsususnya pada sektor komunikasi pariwisata dan ekonomi kreatif. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat siap dan mampu menghadapi kompetisi dan tantangan global yang kian kompetitif.

Saat ini Universitas Mercu Buana merupakan salah satu Universitas Swasta terkemuka di Indonesia dengan akreditasi A, serta teruji dalam melahirkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidangnya. Selain unggul mencetak lulusan yang handal, Universitas Mercu Buana pun kerap bekerja sama dalam mengembangkan riset dan program-program yang mendukung peningkatan kualitas pembangunan nasional. Pada kerja sama kali ini Universitas Mercu Buana dan Pemerintah Kabupaten Lebak bersepakat untuk bekerjasama pada bidang riset yang nantinya akan ditindaklanjuti pada program pengabdian pada masyarakat serta dapat dijadikan rekomendasi bagi pemerintah Kabupaten Lebak dalam merumuskan program kerja strategis, khususnya pada sektor pendidikan, pariwisata dan ekonomi kreatif.

Usai penandatanganan MoU, acara dilanjutkan dengan seminar hasil penelitian, diskusi ilmiah dan program pengabdian pada masyarakat dari Universitas Mercu Buana dengan peserta terdiri dari aparatur pemerintah Kabupaten Lebak, Provisnsi Banten.

Sampai saat ini sudah ada beberapa topik riset yang telah dilakukan dan program-progam pengabdian pada masyarakat yang akan dilakukan pasca penandatanganan MoU dan MoA kali ini. Sasaran riset dan program pengabdian pada masyarakat tahun 2018 berfokus pada peningkatan kompetensi komunikasi pariwisata dan industri kreatif di wilayah Rangkasbitung, Sawarna dan Bayah.  Wilayah-wilayah tersebut merupakan wilayah potensial di sektor pariwisata, sehingga penting bagi kita untuk mempersiapkan kompetensi komunikasi pariwisata bagi masyarakat setempat***
-------------------------------------------oOo--------------------------------------------
Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi :
Enjang Pera Irawan
Telp. 085659143130
Email: enjang.irawan45@gmail.com

  • Whatsapp

Index Berita