Menjalankan Empat Program Unggulan “Dana Desa Bisa Cair”

INDONESIASATU.CO.ID:

WARTASULSEL.COM. PANGKEP; Sebagaimana yang perna di utarakan Menteri  Desa Pembangunan Daerah tertinggal dan Transmigrasi (PDT) Eko Putro Sandjojo menegaskan bahwa syarat utama agar Dana Desa 2018 bisa cair, Pemerintah Desa harus menjalankan 4 program utama tersebut.

Diantaranya 1. Membuat produk unggulan kawasan pedesaan, (Prokades), 2. Pemerintah desa meminta setiap Kepala Desa mengalokasikan dana desa Rp 200 juta sampai Rp 500 juta untuk membuat embung air desa yang fungsinya sebagai sarana menunjang produk tanaman desa  di tengah-tengah masyarakat. 3 Pemerintah desa harus membuat Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan 4. Pemerintah desa mengalokasikan dana desa Rp 50 juta sampai Rp 100 juta untuk membuat lapangan olah raga di desa.

Nampaknya hal ini menjadi tantangan  utama, bagi kepala desa untuk menerapkan program tersebut, sebab bila tidak maka dana desanya untuk tahun anggaran 2018, "Bakal tidak cair"

Dari pantauan Mata Warta di sekian desa khusus di Kabupaten Pangkep, untuk program tahun anggaran 2017, nampaknya masih ada Desa yang hingga kini tidak ada Prokades, Bumdes, maupun pengalokasian dana untuk embung, sehingga anggaran tahun 2018, di haruskan program tersebut ada pada Rancangan Anggaran Belanja Desa (APBDES) sebab bila hal ini tidak ada,maka dana desa bakal tidak cair di desa tersebut.

Sementara itu, Arizal Hasan, Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Kabid PMD) Kabupaten Pangkep saat di temui di ruang kerjanya Jumat (12/1) di Kantor Daerah  mengatakan bahwa pada saat sosialisasi program tahun anggaran 2018, kami sudah menyuarakan hal itu, pada setiap pertemuan di kantor desa, dan kepala desa sudah mengetahuinya tentang 4 program yang menjadi sasaran utama dana desa.

“ Insya Allah, tidak ada desa di Pangkep ini, yang tidak menjalankan program dari Kementerian Pembangunan Daerah Pemerintahan Desa tTertinggal dan Transmigrasi, apalagi ke empat program tersebut, sangat menyentuh kondisi masyarakat kita di Pangkep” ujarnya. (Herman Djide)

 

Index Berita