Masyarakat Tanjung Alai Pawai Obor Menyambut Idul Fitri 1439 H

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN -- Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H jatuh pada Jum'at tanggal 15 Juni 2018. Seketika suara takbir menggema dari berbagai penjuru di Kota Lubuksikaping, Kamis, (14/06/2018) malam.

Dari pantauan Indonesiasatu.co.id di kecamatan Lubuksikaping kabupaten Pasaman, Sumbar, Kamis (14/06/2018) malam, memang terlihat banyak masyarakat yang mulai mengumandangkan takbiran sambil membawa obor. Obor kemudian diarak di sepanjang jalan di daerah masing-masing.

Di kawasan Jorong Tanjung Alai, anak-anak diajak takbir keliling dengan jalan kaki sambil membawa obor dengan tertib. Mereka mengumandangkan takbir selama dalam perjalanan.

Alunan merdu takbir juga menggema dari berbagai masjid maupun mushola di kampung-kampung. Suara takbir dikumandangkan anak-anak maupun orang dewasa.

"Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, la ilaha illa Allahu Allahhu Akbar, Allahu Akbar wa lillahilham," bunyi suara takbir yang menggema di wilayah Kejorongan Tanjung Alai Nagari Pauah kecamatan Lubuksikaping, kabupaten Pasaman saling bersahutan.

Menurut seorag warga bernama Al Putra, obor yang diarak di sepanjang jalan itu menandakan masyarakat menyambut Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah pada Jumaat (15/06/2018) ini. "Kami mengarak obor di sekitar Kejorongan Tanjung Alai Nagari Pauah kecamatan Lubuksikaping ini untuk menyambut datangnya hari kemenangan Idul Fitri 1439 Hijriah," Kata Mak Ak panggilan gaulnya.(Anto)

  • Whatsapp

Index Berita