Linksys Hadirkan Teknologi Seamless Roaming, Apa Itu?

NEWSPAPER.CO.ID: JAKARTA - Saat terhubung ke jaringan WiFi di dalam rumah, tentunya kamu ingin koneksi internet selalu lancar tanpa putus. Terlebih saat kamu berpindah-pindah lantai atau dari satu ruangan ke ruangan lainnya.

Dengan teknologi Seamless Roaming dari Linksys, hal itu memungkinkan. Berbagai perangkat diklaim bisa digunakan di sekitar rumah dengan selalu terhubung ke titik akses optimal, baik router atau range extender, dan berfungsi lancar tanpa harus dihubungkan secara manual atau khawatir kehilangan koneksi.

Seamless Roaming sendiri merupakan fitur yang menjamin koneksi tetap stabil meskipun berpindah-pindah tempat ketika sedang melakukan panggilan aplikasi Voice over IP (VoIP), seperti FaceTime atau Skype.

"Seamless Roaming berfungsi untuk rumah yang memiliki beberapa lantai. Ketika pengguna berpindah tempat dari ruangan satu ke ruangan lainnya, nggak perlu koneksi ulang lagi. Bisa dibilang, koneksinya gotong-royong atau saling kerja sama," kata Teguh Prasetyo Mulyo, Product Support Specialist Belkin Indonesia di Jakarta, Kamis (24/8/2017).

Teguh menjelaskan, sinyal WiFi pada dasarnya tidak bisa menembus tembok, sehingga jangkauan sinyal bisa berkurang. Menurutnya, sinyal WiFi akan bekerja secara maksimal di sebuah ruangan yang tidak ada pembatasnya.

"Sinyal Wi-Fi dapat bekerja secara maksimal di ruangan dengan luas hingga 200 meter persegi, namun ruangan tersebut harus lowong atau tanpa sekat seperti auditorium misalnya," pungkas Teguh memaparkan.

Salah satu produk wireless router terbaru yang membenamkan teknologi tersebut adalah Linksys EA7500 Max Stream AC1900+ MU-MIMO Gigabit Router. Perangkat ini menggunakan fungsionalitas MU-MIMO (Multi-User, Multiple-Input, Multiple Output), yaitu teknologi Wi-Fi 802.11ac Wave 2 yang dapat mengoptimalkan performa dan efisiensi jaringan WiFi secara keseluruhan.

MU-MIMO juga mampu mengantarkan jaringan 4K bandwidth tinggi, sehingga pengguna dapat merasakan kecepatan kombinasi hingga 1.9+ Gbps dan jangkauan yang mereka butuhkan untuk menghubungkan semua perangkat di rumah dalam waktu bersamaan.

Untuk kemudahan akses pengguna, disediakan aplikasi khusus bernama Linksys Smart WiFi yang dapat di-install di perangkat mobile. Aplikasi ini mempermudah pengaturan dan mengendalikan jaringan Wi-Fi di rumah dari mana saja di perangkat bergerak yang digunakan.

Soal harga, Linksys EA7500 Max Stream AC1900+ MU-MIMO Gigabit Router dipasarkan dengan bundling RE7000-AH seharga Rp 3.849.000.

(Isk/Cas)

SUMBER: TEKNO.LIPUTAN6.COM