Kodim 0702/Purbalingga gelar Latihan Posko

INDONESIASATU.CO.ID:

WARTAMILITER.COM : Danrem 071/Wk Kolonel Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Tr (Han) buka Latihan Posko Kodim 0702/Pbg, di Makodim 0702/Purbalingga. Kegiatan Latihan Posko ini yang berlangsung selama tiga hari mulai 7 hingga 9 Mei 2018.

Latihan I Posko Kodim 0702/Pbg, diselenggarakan Korem 071/Wk ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Kodim 0702/Pbg dalam merencanakan suatu operasi bantuan selain perang (OMSP) untuk membantu pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam yang mencakup hal-hal keterpaduan, kerjasama dan koordinasi dalam pengambilan keputusan, teknik, olah yudha dan pengintergrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki.

Selain itu juga menyangkut prosedur dan tata cara kerja yang berlaku dalam suatu Posko serta Komando Pengendali Operasi guna membantu tugas pemerintah daerah maupun Kepolisian dalam menghadapi permasalahan penanggulangan bencana alam di wilayah.

“Hal ini disampaikan skenario latihan yang bertujuan untuk lebih mendekati situasi sebenarnya agar lebih realistis sehingga tujuan dari pelaksanaan kegiatan latihan posko ini dapat tercapai,” ujar Danrem.

Danrem 071/Wk, berharap kegiatan latihan ini dapat berjalan dengan lancar hingga penutupan nanti.

“Saya harap berbagai materi latihan pada kegiatan ini dapat menjadi pembelajaran dan acuan dalam menghadapi tugas yang sama pada materi latihan kali ini,” harapnya.

Kegiatan latihan Posko I Kodim 0702/Pbg ini tidak hanya diikuti oleh anggota Jajaran Kodim 0702/Pbg saja, namun juga melibatkan instansi pemerintahan lainnya, yang tentunya memiliki keterkaitan dengan persoalan yang diangkat pada kegiatan latihan tersebut salah satunya mengenai penanganan bencana alam.

Sesuai dengan tema latihan Posko I Kodim 0702/Pbg yaitu “Kodim 0702/Pbg bersama seluruh komponen bangsa membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi akibat bencana alam erupsi gunung slamet, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusian di wilayah kab. Purbalingga dalam rangka operasi militer selain perang”

“Karena itu dalam kegiatan latihan kali ini tidak hanya melibatkan unsur Kepolisian saja, tetapi juga melibatakan instansi pemerintahan daerah dan elemen masyarakat secara terpadu,” pungkas Danrem Kav Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Tr

Index Berita