Kalem Pitung Penanian: Yohanis Rantebunga Bersama Warga Dusun Busso Bagun Rabat Beton, Apa Kata Camat Rantebua?

INDONESIASATU.CO.ID:

BUSSO - Pemerintah Lembang (Desa) Pitung Penanian, Kecamatan Rantebua, Kabupaten Toraja Utara(Torut), memanfaatkan Dana Desa untuk membangun jalan rabat beton beberapa titik salah satunya Dusun Busso. Pembangunan rabat beton itu menelan biaya Rp 263 juta itu bersumber dari dana desa Tahun 2018.

Kepala Lembang (Kalem) Yohanis Rantebunga, Senin (12/11) mengatakan, alasan menjadikan jalan desa menjadi sasaran dana desa, kerena kondisi jalan merupakan jalan poros Desa, sehingga sangat mendesak untuk dibangun jalan rabat beton. 

Pembangunan rabat beton di satu titik itu, di Dusun Busso dengan panjang 320 meter, lebar 2,7 meter, tebal 15 cm. Menurutnya, jika tidak segera dibangun, jalan tersebut akan berlumpur jika musim penghujan datang, hal itu tentu menghambat aktifitas warga.

"Diharapkan setelah dibangunnya jalan ini dapat memperlancar aktifitas warga, salah satunya ketika mengangkut hasil pertanian dan sebagainya," terang Yohanis

Dikatakan, pembangunan rabat beton ini juga bermanfaat untuk menciptakan lapangan kerja bagi warga Lembang Pitung Penanian pada umumnya. "Untuk itu kami dan seluruh staf Lembang beserta warga masyarakat mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah menurunkan bantuan demi kemajuan masyarakat yang ada di wilayah Desa Pitung Penanian ini," katanya.

Dia menambahkan, mengatakan sebagai aparatur desa akan lebih bijak lagi menggunakan dana desa demi kepentingan warga. Sehingga kondisi jalan mulus bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda 4.

Sementara itu, masyarakat petani setempat Alexander alias Pong Mery (57), mengatakan dia bersama masyarakat lain bangga dengan kinerja kepala desa dalam membangun jalan rabat beton. Sebab, selama ini masyarakat kurang nyaman dengan jalan berlumpur saat turun hujan sehingga akses transportasi darat menjadi susah.

"Kami juga bangga memiliki seorang pemimpin yang peduli dengan pembangunan di Lembang. Selain itu, kepala Lembang terbuka dan transparan dalam mengelola dana desa yang melibatkan semua unsur, baik dari BPL, PPK dan pendamping Desa, dan masyarakat. Mudah-mudahan pembangunan ini terus dilanjutkan tiap tahunnya," katanya.

Terpisah, Camat Rantebua Ilyas Madi Para'pak, S.Sos mengatakan, sejak pemerintah pusat menggulirkan bantuan dana desa (DD) ke setiap desa, pihaknya sangat mendukung adanya pembangunan jalan rabat beton.Pembangunan jalan tersebut bertujuan mempermudah akses masyarakat dalam melakukan aktivitas.

"Jalan tersebut tadi hanya berupa jalan tanah yang sudah dikeraskan separuh yang digunakan untuk transportasi masyarakat. Bahkan, jalan itu masih labil dan sering air menggenang saat turun hujan. Sebagian ada yang licin kalau dilalui sepeda motor," terangnya.

Ditambahkan untuk itu kata Ilyas Madi," Setiap ada pertemuan Musrembang di Kantor Kecamatan saya sering mengingatkan kepada kepala Lembang agar Dana Desa dipergunakan sebaik mungkin. Agar Kesejahteraan masyarakat di bidang ekonomi, pendidikan dan kesehatan bisa lebih ditingkatkan dengan adanya bantuan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah,"urainya.

Hal yang serupa diungkapkan Ketua TPK Pitung Penanian, Sulaiman Karangan bersama sekertaris Pitung Penanian, Yanto Palimbong megungkapkan,"Kami bersama aparat Lembang senantiasa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat demi pengembangan pemberdayaan masyarakat, pendidikan dan kesehatan melalui bantuan yang dikucurkan pemerintah pusat melalui Anggaran Alokasi Dana Desa,"tutupnya.

Penulis: Pado

Editor : Erlinuddin

  • Whatsapp

Index Berita