Kades Tondongkura : Membangkitkan Kembali Potensi Desa Tondong Kura “Batu Permata”

INDONESIASATU.CO.ID:

PANGKEP; Muhammad Ihklas, S.Pd, Kepala Desa Tondong Kura, Kecamatan Tondong Tallasa, saat diajak berkonsultasi dikediamannya Selasa (12/6) mengatakan bahwa kami akan membangkitkan kembali potensi yang dimiliki desanya, diantaranya batu permata yang perna digemari ribuan orang berkunjung ke desanya mencari batu tersebut

Menurutnya bahwa di Desa Tondongkura sekian tahun yang lalu, perna dihebohkan soal batu permata, ribuan orang yang berkunjung ke desa ini, mencari batu permata, bahkan ada yang membeli batu permata sampai berkarung-karung dibawa keluar desa untuk diolah menjadi batu permata, untuk gelang, cincin hiasan dan lainnya.

Namun itu hanya beberapa bulan saja berlangsung dan kini menghilang, sehingga kami bermaksud untuk membangkitkan kembali potensi batu permata yang ada di desa ini, dan itu bisa menjadi oleh-oleh bagi tamu yang berkunjung ke desa kami, bahkan juga bisa jadi oleh-oleh bagi tamu Daerah Kabupaten Pangkep. ujarnya.

“Kami sangat bersyukur karena satu-satunya desa di Kecamatan ini, bahkan Kabupaten Pangkep yang memiliki potensi soal bahan baku batu permata, hanya desa Tondong Kura, sekalipun juga ada di desa lain tapi tidak sama kualitasnya dibanding dari Desa Tondong Kura, yang memiliki keanekaragaman corak warna batu permata, termasuk warna merah, hijau, kuning,putih, hitam, bahkan ada warna batik serta warna lainnya.” ujarnya.

Muhammad Ihklas mengatakan bahwa batu permata dan hiasan itu bermakna sebagai ornamen, sebagian besar batu permata  adalah struktur cryistaline, dan indah, geometric alami terbentuk dengan sifat yang menarik, akan diolah  dengan perbedaan yang unik dan enak dipandang.

“Terkadang banyak kebudayaan sepanjang sejarah telah dikaitkan batu permata dengan bulan-bulan tertentu dari kelender. Didunia barat modern juga biasa terdengar, diadopsi keyakinan bahwa berkorelasi dengan bulan kelahirannya adalah simbol yang sangat berarti dalam hidupnya, sehingga orang mencari batu permata ini sebagai alasan, sehingga kami akan bermaksud akan mengolah kembali batu-batu permata melalui Budan Usaha Milik Desa Tondong Kura. (herman djide)

  • Whatsapp

Index Berita