Kabid Disdukcapil Jeneponto Akan Bagikan Ribuan KTP-L dan KIA Secara Gratis

INDONESIASATU.CO.ID:

JENEPONTO- Kepala Bidang Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Jeneponto Hj. Isnawati, SE akan membagikan eKTP-L, dan Kartu Identitas Anak (KIA) secara gratis, beber Isnawati, saat ditemui wartasulsel di ruangannya pada Kantor Disdukcapil Jeneponto, JL. H.M Ishak Iskandar Daeng Tumpu, Kecamatan Binamu. Senin (09/07/2018).

Menurutnya hal ini dilakukan, karena pada bulan-bulan kemarin waktu Pilkada masih kebanyakan warga yang menggunakan Surat Keterangan (Suket) dimana pada saat itu persiapan alat di Kantor Capil  terbatas untuk mencetak eKTP-L.

Selain itu tambahnya, belum lagi perekaman keliling tahun 2017 lalu yang tersebar di 11 Kecamatan, ungkapnya

"Sehingga kita akan mencetakkan eKTP-L secara keseluruhan dan recananya akan dibagikan dalam waktu dekat ini sekitar bulan Agustus," kata dia.

Diperkirakan sekitar ribuan eKTP-L dan KIA akan dibagikan secara gratis pada bulan agustus mendatang. Yang bertempat di Kantor Capil Kabupaten Jeneponto

"Rencananya Isnya Allah, bulan Agustus dan pembagiannya secara massal kepada masyarakat. Untuk sementara ini kita kumpulkan dulu Suket yang sudah selesai kita buat, lalu kemudian untuk kita cetak eKTP-Lnya secara bertahap.
 
Selain itu, akan direncankan juga pembagian Kartu Identitas Anak (KIA) secara massal kerena pengurusan di Capil semuanya serba gratis, baik itu KTP, KK, dan Akte Kelahiran semuanya gratis, terangnya

Ditanya bagaimana jika ada salah satu stafnya yang melakukan pungli. Lanjutnya, "saya katakan makanya setiap pagi sebelum pelayanan saya beritahu kepada masyarakat bahwa di kantor ini pengurusan KK, KTP dan Akte Kelahiran gratis, jangan ada yang memakai tenaga untuk menguruskannya seperti KTP, KK, Akte Kelahiran dan KIA,' cetus Isna 

"Saya menghimbau kepada masyarakat jika ada yang mau mengurus berhubungan langsung saja dengan operator atau loket yang sudah tersedia sesuai SOP yang ada." Jelasnya.

Sambungnya, Saya sangat berterimakasih kepada yang ke empat paslon yang maju pada Pilkada kemarin, kenapa saya katakan demikian, karena dimana ke empat Paslon tersebut, mereka mendatangkan warganya ke capil untuk melakukakan perekaman eKTP-L. Yang sebelumnya pihaknya sudah mendatangi Desa/Lurah, dan termasuk mendatangi Kecamatannya, namun masyarakat masih tetap kurang kesadarannya, sambungnya 

"Jadi saya berterimakasih kepada yang empat Paslon itu, kerena Disdukcapil prestasinya naik dalam perekaman eKTP-L, karena kita itu setiap bulan juga dipantau dari Dirjen. Pungkasnya.


Editor : Samsir       
  • Whatsapp

Index Berita