Jelang Natal dan Tahun Baru PLN Area Sukabumi Gelar Apel Siaga

INDONESIASATU.CO.ID:

SUKABUMI - Jelang Natal dan Tahun Baru, PLN Area Sukabumi gelar apel siaga untuk memastikan kesiapan peralatan dan personil. Apel siaga ini diselengarakan di Lapang Sekolah Pembentukan Perwira (Setukpa) Polri, Selasa (12/12). Selain apel siaga, juga dilakukan penandatangan keselamatan kerja. Manager Area Sukabumi Gunawan mengatakan guna memastikan kontinuitas pasokan listrik dengan baik selama hari raya Natal dan Tahun Baru 2018.

Gelar pasukan ini, kata dia, dihadiri seluruh petugas pelayanan teknik. “Kesiapan personil dan peralatan persen sudah 100 persen. Kendati demikian, saya menegaskan agar petugas mengutamakan keselamatan kerja,” terang Gunawan. Selain itu, sebut dia, untuk mengantisipasi kendala jaringan listrik, PLN memiliki 17 posko di sejumlah titik rawan gangguan jaringan.

“Ada beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi yang rawan gangguan jaringan, seperti di Palabuhanratu, Jampang Kulon, Surade, dan Cikembar. Wilayah itu menjadi perhatian kami. Dan personil selalu stand bye di Posko tersebut,” ujarnya.

Ia juga menerangkan saat ini, pasokan listrik khusunya di Jawa Barat aman, bahkan alami kelebihan daya. “Pasokan listrik untuk 10 hingga 20 tahun aman. Akan tetapi pemadaman listrik bisa terjadi kapan saja akibat gangguan alam, dan perawatan,” tegasnya.

Gunawan mengatakan PLN Area Sukabumi memiliki peralatan hasil inovasi. Fungsi peralatan itu, dipakai untuk daya di atas 20 ribu volt, dan perbaikan kabel. “Cara kerjanya, sangat efisien. Di mana alat ini, bisa dipergunakan dari bawah,” terang dia.

Hasil inovasi tersebut, akan ditularkan kepada PLN se Indonesia. “Produknya sudah kami uji coba. Bahkan permintaan produksinya sudah ada dari PLN Area lainnya,” ungkap dia.

Gunawan juga menjelaskan akibat sikon tropis dahlia, beberapa jaringan PLN Area Sukabumi alami kerusakan. Namun PLN, kata dia, sudah melakukan langkah-langkah antisipatif. “Saat ini sudah berjalan mormal kembali,” sebut dia. (rmsam)

Index Berita