Jelang Mudik Lebaran: Polres Tana Toraja Gelar Razia Dan Tes Urine

INDONESIASATU.CO.ID:

TANA TORAJA - Jelang arus mudik lebaran petugas gabungan dari Polres Tana Toraja menggelar tes urine kepada para pengemudi angkutan umum di Pos Pam Ops Ketupat Salubarani Jl. Poros Toraja - Enrekang, Kelurahan Salubarani, Kecamatan Gandasil (Menkendek), Kabupaten Tana Toraja, Senin (11/06/2018).

Pemeriksaan kendaraan dan tes urine diawali dengan apel siaga yang diikuti seluruh unsur yang terlibat. Pada tes urine, tidak kurang dari 35 pengemudi angkutan umum yang mengikuti pemeriksaan oleh Kasat Resnarkoba Kabupaten Tana Toraja. Sementara pemeriksaan kendaraan dilakukan KBO Satlantas Ipda Muh. Aksan Suwardi terhadap beberapah unit angkutan umum.

Cipta kondisi dalam rangka penyuluhan bahaya narkoba dan tes urine terhadap para sopir.Tim gabungan terdiri dari Sat Resnarkoba, Sat Intelkam, Sat Lantas, yang berjumlah 16 orang dan dipimpin langsung Kasat Resnarkoba AKP Abner Sitorus. S.Sos. Razia dan tes urine dilakukan degan tujuan untuk mengantisipasi peredaran dan penyalahgunaan narkotika serta obat-obatan terlarang.

Khusus untuk sopir angkutan umum maupun sopir antar kota dan Provinsi, sopir truck dan mobil pribadi. Dalam rangka menciptakan lingkungan masyarakat bersih dari penyalahgunaan narkotika dan memberikan rasa aman dalam melaksanakan mudik lebaran. Dalam giat tersebut tim gabungan juga melakukan pemeriksaan identitas serta beberapa barang-barang bawaan lainnya.

Adapun jumlah sopir dan kondektur yg dilakukan tes urine sebanyak 28 orang degan hasil semua negatif, tidak menggunakan narkotika dan obat-obatan terlarang. "Kegiatan ini bertujuan untuk Pam Ops Ketupat Lipu dan meminimalisir kecelakaan lalu lintas yang disebabkan kekurangsiapan armada maupun human error," kata Kanit Lantas/KBO Lantas Ipda Muh. Aksan Suwardi kepada wartawan.

Pengecekan kelaikan kendaraan dan tes urine tersebut, ujar Aksan dalam rangka persiapan Operasi Ketupat Pos Pam Salubarani 2018. Agar para pengemudi angkutan umum dan armadanya dalam kondisi siap dalam menghadapi musim mudik Lebaran. Kasat Resnarkoba yang pimpin giat di lokasi menjelaskan, untuk menjamin kenyamanan dan keamanan para pengguna angkutan umum, sopirnya harus terbebas dari pengaruh narkoba.

Untuk memastikan para pengemudi angkutan umum tidak berada di bawah pengaruh narkoba. "Menjelang mudik lebaran Idul Fitri penting sekali menyiapkan armada angkutan umum yang layak jalan dan pengemudinya yang terbebas dari pengaruh narkoba. Serta kami berupaya dari pihak kepolisian Polres Tana Toraja berupaya memberikan rasa aman bagi masyarakat dan pengguna jalan," ujar Abner.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasat Intelkam Iptu I.G.N.Adi Suarmita, S.Ik, KBO Satlantas Ipda Muh. Aksan Suwardi, KBO Satresnarkoba Ipda Abdianto, S.Sos.Giat berlangsung hingga pkl 11.30 Wita, dari hasil pemeriksaan tes urine tersebut tidak ada terindikasi terlibat penyalagunaan obat-obatan terlarang.Kondisi arus mudik hingga selesainya razia situasi aman dan kondusif.(erlinuddin)

  • Whatsapp

Index Berita