INNOPA Bekerjasama dengan Universitas Mercu Buana (UMB) Sukses Selenggarakan The 4th International Young Inventor Award (IYIA)

WARTAKAMPUS.COM: JAKARTA - EVENT ”The 4th International Young Inventor Award (IYIA) akhirnya hadir di Indonesia. Dengan penyelenggara INNOPA (Indonesian Invention and Innovation Promotion Association), kegiatan tersebut dalam rangka mempromosikan produk inovasi sekaligus memberikan apresiasi kepada inovator muda di seluruh dunia.

Event ini merupakan tahun keempat INNOPA mengadakan kompetisi inovasi International di Indonesia. Pada 2014 INNOPA sukses mengadakan event IYIA pertama di Hotel Bidakara dengan lebih dari 7 Negara (Indonesia, Malaysia, Taiwan, Korea, Mesir, Romania, dan Kroasia) yang berpartisipasi pada event tersebut. Wakil Rektor UMB, Prof Dana Santoso PhD mengatakan terpilihnya Universitas Mercu Buana (UMB) sebagai tuan rumah penyelenggaraan  INNOPA ke-4 ini merupakan bukti pengakuan internasional. Karena event ini merupakan pertemuan pada innovator muda di seluruh duni yang banyak diantara karya temuan tersebut berdampak pada peradaban manusia.

 ”Melalui forum ini perkembangan ilmu pengetahuan akan semakin cepat. Temua atau karya inovasi pun berkembang menjawab persoalan manusia. Hal tersebut penting bagi kemajuan peradaban manusia,” ujar Dana Santoso saat membuka ”The 4th International Young Inventor Award (IYIA) di kampus UMB, Jakarta, Jumat (22/9).

Para innovator muda dari berbagai negara ini akan diuji setiap karyanya secara langsung. Dengan demikian berbagai kritikan dan pujian akan menjadi pembelajaran. Dari sanalah upaya perbaikan terhadap karya temuan itu dapat dilakukan, sehingga menjadi sebuah karya yang lebih baik.

Tahun ini INNOPA mengadakan The 4th International Young Inventors Award (IYIA) di Jakarta dan bekerjasama dengan Universitas Mercu Buana. Tujuan dari event ini adalah untuk memperkenalkan serta mempromosikan hasil karya Inovasi kepada masyarakat luas. Menyalurkan minat para inovator Indonesia, dan juga sebagai wadah untuk menjembatani para inovator Indonesia dalam berkompetisi di bidang inovasi dengan masyarakat dunia.

IYIA 2017 kali ini akan diikuti oleh lebih dari 200 tim yang berasal dari nasional maupun internasional, terdiri dari beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Mesir, Filipina, Sri Lanka, Jordan, Thailand, Iran, Suriah, Taiwan, India, Macau dan Vietnam. Fokus dalam pelaksanaan IYIA tahun ini merupakan pameran dari inovasi kreatif yang dihasilkan oleh pemuda di seluruh dunia. Peserta dapat mempresentasikan hasil kreativitasnya dan invensinya dalam bentuk sampel, prototipe dan sebagainya.(dni)

Sumber: indopos.co.id