Dandim Tegal Dampingi Pjs. Walikota Tegal Sidak Makanan Kadarluasa

INDONESIASATU.CO.ID:

TEGAL – Dandim 0712/Tegal Letkol Kav Kristiyanto S.Sos mendampingi Pjs. Walikota Tegal melaksanakan sidak makanan Kadarluasa atau makanan dan minuman tidak layak konsumsi di pasar tradisional dan toko dan swalayan yang berada di kota Tegal. Rabu (23/05)

Memasuki pekan kedua Ramadan 1439 H, Pemkot Tegal bersama jajaran Forkompinda menggelar sidak makanan dan minuman yang tidak layak konsumsi, Dalam razia kali ini, tim memasuki toko, swalayan, dan pasar tradisional yang ternama di kota Tegal sebagai sasaran tim sidak.

Hasilnya, petugas mendapati makanan dan minuman yang tak layak konsumsi masih dipajang di etalase. Selain itu, juga didapati makanan dalan kemasan yang tak dilengkapi dengan masa kadaluarsa.

Karenanya, tim mengimbau kepada pengelola untuk memisahkan. Mereka pun diminta untuk tidak menjualnya. Kepala Dinas Kesehatan Kota Tegal dr. Sri Primawati mengatakan hasil sidak menemukan sejunlah makanan dan minuman dalam kemasan rusak dan tidak layak jual. Selain itu, ada produk yang tidak terdaftar di BPPOM juga dijual.

"Seharusnya pengelola melakukan manajemen sirkulasi barang dengan baik. Maksudnya barang yang masuk awal haris keluar lebih dahulu. Sehingga barang tidak banyak yang rusak," katanya.

Pjs. Wali Kota Tegal Achmad Rofai mengatakan pihaknya bersama forkompinda sengaja melakukan sidak ke pasar tradisional maupun modern dalam rangka mendekati lebaran. Sebab, Pemkot Tegal mempunyai kewajiban untuk mengecek dengan harapan toko yang menjual produk yang dijual bisa dijamin dari kualitasnya.

"Hasil temuan ada makanan yang tidak jelas dari mana berasal dan ada makanan yang sudah tidak layak," tegas Pjs. Wali Kota.

Karenanya, kata Rofai, pihaknya meminta kepada pengelola swalayan untuk melakukan pengecekan secara rutin. Sehingga barang yang tidak layak jual langsung bisa dipisahkan.

"Ke depan, kita akan berkoordinasi untuk melakukan pengawasan lebih intens terhadap produk yang dipasarkan di pasar modern. Kami juga menghimbau agar pengelola pasar modern memberikan jaminan kepada masyarakat bahwa produk yang dijual layak di konsumsi dari segi kesehatan," tegas Pjs. Wali Kota Tegal itu. (Pendimtegal)

 

  • Whatsapp

Index Berita