Dandim 0702/Purbalingga Hadiri Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Kabupaten Purbalingga

INDONESIASATU.CO.ID:

PURBALINGGA – Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Yudhi Novrizal S.I.P,. M.Han Bersama Jajaran Forkompimda mengikuti kegiatan Upacara Harkitnas yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Purbalingga bertempat di Halaman Pendopo Dipokusumo. (20/5)

Selaku Inspektur Upacara, Bupati Purbalingga Diah Dyah Hayuning Pratiwi, SE, BEcon membacakan sambutan mengatakan, Ketika rakyat berinisiatif untuk berjuang demi meraih kemerdekaan dengan membentuk berbagai perkumpulan, lebih dari seabad lalu, kita nyaris tak punya apa-apa. Kita hanya memiliki semangat dalam jiwa dan kesiapan mempertaruhkan nyawa. Namun sejarah kemudian membuktikan bahwa semangat dan komitmen itu saja telah cukup, asalkan kita bersatu dalam cita-cita yang sama, kemerdekaan bangsa.

"Bersatu, adalah kata kunci ketika kita ingin menggapai cita-cita yang sangat mulia namun pada saat yang sama tantangan yang mahakuat menghadang di depan. Boedi Oetomo memberi contoh bagaimana dengan berkumpul dan berorganisasi tanpa melihat asal-muasal primordial akhirnya bisa mendorong tumbuhnya semangat nasionalisme yang menjadi bahan bakar utama kemerdekaan. Boedi Oetomo menjadi salah satu penanda utama bahwa bangsa Indonesia untuk pertama kali menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan", terang Bupati Purbalingga.

Semaentara itu Usai Kegiatan Upacara Harkitnas Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Yudhi Novrizal S.I.P,. M.Han Menuturkan, Presiden Pertama dan Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, Soekarno, pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 1952 mengatakan bahwa: “Pada hari itu kita mulai memasuki satu cara baru untuk melaksanakan satu ‘idee’, satu naluri pokok daripada bangsa Indonesia. Naluri pokok ingin merdeka, naluri pokok ingin hidup berharkat sebagai manusia dan sebagai bangsa. Cara baru itu ialah cara mengejar sesuatu maksud dengan alat organisasi politik, cara berjuang dengan perserikatan dan perhimpunan politik, cara berjuang dengan tenaga persatuan.”

dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2019 ini harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kapasitas diri dengan kapasitas sumber daya manusia yang sudah dimiliki Masyarakat bangsa Indonesia dapat bangkit secara bersama-sama dalam kerangka kebangsaan Indonesia.tuturnya. (ragil.red)

  • Whatsapp

Index Berita