Bupati Tanah Datar, Drs. Irdinansyah Tarmizi, Bantah Pemberitaan terkait Mangkraknya Pembangunan RSUD dan Puskesmas di Dua Kecamatan

indonesiasatu, 27 Jun 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

TANAH DATAR - Bupati Tanah Datar Drs. Irdinansyah Tarmizi membantah pemberitaan terkait mangkraknya Pembangunan Puskesmas di dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Lima Kaum II dan Kecamatan Batipuah yang di sampaikan oleh fraksi DPRD Kabupaten Tanah Datar dalam sidang paripurna terkait laporan hasil pembicaraan Tingkat I Pembahasan atas Ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja daerah Kabupaten Tanah Datar Tahun Anggaran 2018 Rabu (26/06).

Dengan tegas Bupati menyampaikan pembangunan Puskesmas di dua Kecamatan tersebut sudah selesai 100% sesuai jadwal melalui DAK tahun 2018, dengan kata lain tidak mangkrak.

"Pembangunan puskesman untuk dua Kecamatan tersebut 100% sudah selesai sesuai jadwal, jadi tidak ada yang mangkrak", Kata Bupati melalui media ini Kamis (27/06).

Sementara itu menanggapi tim perumus fraksi DPRD yang mengatakan Bupati asal jawab terkait jawaban Bupati menyangkut kelanjutan pembangunan poliklinik RSUD M. Ali Hanafiah Batusangkar dapat menggunakan sisa DAK Tahun 2018 dan mengajukan kembali penganggaran tahun 2020.

Sekali lagi Bupati menegaskan bahwa ia tidak asal jawab, karena berdasarkan Permenkes nomor 2 Tahun 2019 (terbaru) tentang Petunjuk Opersional Penggunaan DAK fisik Bidang kesehatan TA 2019, pada lampiran point DAK Fisik Subbid Pelayanan Kesehatan Rujukan huruf E (ada 5) salah satunya : “Penyelesaian Sarana Rumah Sakit yang dibangun dengan DAK Fisik Tahun Anggaran sebelumnya dapat dilanjutkan dengan syarat harus melampirkan rekomendasi dari hasil audit APIP (Inspektorat) disertai analisis dinas yang menangani (Dinas PU PR).

"Mengacu pada Permenkes (terbaru) tersebut kita telah buat kelengkapan surat usulan ke Kemenkes untuk dilanjutkan tahun 2020 yang sudah disertai dengan hasil audit APIP dan analisis teknis dari dinas PUPR, jadi saya bukan asal jawab", tegas Bupati.

Laporan : Joni Hermanto

Editor : Joni Hermanto

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu