Berfikir Kreatif Modal Membangun Sikap Entrepreneur

WARTAJATENG.COM: TEGAL – Penyelenggaraan Pelatihan Kewirausahaan oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Kota Tegal bagi anggota Forum for Ekonomic Development and Employment Promotion (FEDEP) di RKB BNI 46 Tegal berjalan lancar. Dengan menghadirkan Guru Besar Universitas Pancasakti Tegal yakni Prof. Dr. Tri Jaka Kartana,M.Si. Selasa (10/10).

Dalam penjelasannya Tri Jaka memberikan pandangan tentang entrepreneur, Kewirausahaan, Wirausaha. Menurutnya ada beberapa permasalahan yang timbul dimasyarakat, salah satunya yakni masyarakat cendrung lebih menghargai dan mengingkan profesi lainnya yang dianggap menjanjikan masa depan. ‘’Masyarakat Indonesia belum memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap profesi wirausaha.’’ Paparnya.

‘’Sedangkan jiwa entrepreneur harus memiliki kemampuan berfikir kreatif dan imajinatif ketika ada sebuah peluang usaha dan bisnis baru. Jadi harus mengenali situasi, menentukan cara pemecahannya, menyusun operasional, memasarkan produk, mengatur permodalan.’’ Terang Tri Jaka

Untuk membangun sikap kewirausahaan menuju sukses Tri Jaka memberikan 5 kunci yang disebut dengan 5 Karsa (Sehat, Kreatif, Inovatif, Mandiri, Adaptif). Kelebihan menjadi entrepreneur. (cahyo)