APEL Gabungan Pelaksanaan Masa Tenang di Kecamatan Lowokwaru Malang

INDONESIASATU.CO.ID:

Malang-Minggu, 14 April 2019, pukul 08.25 s.d 08.55 WIB bertempat di Halaman Kantor  Kecamatan Lowokwaru jalan Cengger Ayam I/12 Kelurahan Tulusrejo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang Apel gabungan pelaksanaan dalam rangka pelaksanan masa tenang Pemilu dengan penertiban alat peraga kampanye (APK), yang diikuti sekitar 60 orang.

Acara dihadiri oleh Camat Lowokwaru H. Imam Badar, SE.,M.Si,Kapolsek Lowokwaru Kompol Pujiyono, SH,Danramil 05/Lowokwaru Kapten Kav. Sumariyono,Ketua Panwascam Kec. Lowokwaru Dian Rusdianto, SE,Kabid Sumberdaya Aparatur PP Kota Drs. Sunarwoko dan peserta apel yang terdiri dari 11 personel Polsek Lowokwaru,15 personel Pol PP Kota Malang, 6 personel Pol PP Kecamatan dan 7 personel Panwascam,8 personel  Poltam DKP Kota Malang.

Dalam amanatnya Camat Lowokwaru mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk sinergitas dan koordinasi antar elemen dalam rangka pelaksanaan nasa tenang kampanye.

"Bentuk kegiatan adalah penertiban APK, untuk menciptakan rasa aman, indah dan patuh, dan tujuan kita Pemilu 17 April 2019 sukses dan damai,"sambung Camat H.Imam Badar.

Selain Camat,Kapolsek Lowokwaru juga menyampaikan beberapa hal antara lain adalah APK di Wilayah Kec. Lowokwaru.selama masa kampanye aman, lancar kondusif dan selama masa tenang, Polri akan melaksanakan pendampingan kepada Panwascam.Tanggal 16 April 2019, Polri sudah melaksanakan Pam TPS dengan Status Siaga-1, dan tanggal 17 April 2019, Polri melaksanakan  Pelayanan di TPS s.d Pleno Tingkat Kecamatan, sedangkan di KPU Tingkat Kota sudah menjadi kewenangan Polres Malang Kota.

"Polri bersifat back up, tidak dalam posisi aktif dalam penertiban APK,"jelas Kapolsek.

Selain beberapa hal yang disampaikan oleh Camat dan Kapolsek Lowokwaru,Danramil 05/Lowokwaru juga menambahkan beberapa amanatnya,bahwa TNI bersifat membantu dan tidak aktif dalam penertiban APK ,karena ini merupakan tugas dari pada Satpol PP."Pelaksanaan Pembersihan APK ini, berupaya menjalankan tugas pokok dan fungsinya masing-masing sehingga dapat berjalan lancar ,tertib dan aman,"tegas Kapten kav.Sumariyono.

" UU No. 7 th. 2017 Satpol PP yang berhak untuk pembersihan APK sedangkan Panwas sebagai penunjuk lokasi dan telah dilaksanakan upaya pembersihan APK mandiri bersama Parpol.Pelaksanaan pembersihan APK tahap pertama Jalan Protokol Kec. Lowokwaru,"papar ketua Panwascam Lowokwaru Dian Rusdianto, SE.Dian juga menjelaskan pengawas TPS telah berhak untuk melaksanakan pembersihan APK dari TPS masing-masing sejauh radius 100 meter.

Selama pelaksanaan apel peserta dengan seksama memperhatikan semua arahan dan kegiatan apel berakhir dengan lancar dan tertib.(Hendro B.L)

  • Whatsapp

Index Berita