Bawaslu Kabupaten Kediri Gelar Apel Akbar Kesiapan Jelang Pemilu 2019

INDONESIASATU.CO.ID:

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kediri menggelar apel akbar dalam rangka mempersiapkan anggota Bawaslu mulai dari Panwascam, Panwas Desa dan Panwas TPS dimasa tenang demi suksesnya Pemilu 2019 jujur dan adil.

Apel akbar digelar dilapangan Simpang Lima Gumul, Desa Tugurejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Minggu (14/4/2019) pagi.

Kegiatan apel akbar diawali dengan upacara bendera. Sebagai inspektur upacara Ketua Bawaslu Kab Kediri, Saudatul Ummah, S.Ag, yang membacakan Amanat sambutan dari Ketua Bawaslu RI.

Pemilihan umum adalah perayaan demokrasi yang patut dirayakan dengan penuh sukacita, damai, dan rasa kebanggaan sebagai sebuah bangsa yang beradab.Tinggal 3 hari lagi kita akan memasuki puncak perayaan Pemilu 2019.

Tepatnya pada tanggal 17 April seluruh anak bangsa yang berhak memilih akan menggunakan hak pilihnya.

Pemilu kali ini merupakan pengalaman baru bagi kita, dimana untuk pertama kalinya dalam sejarah kepemiluan di Indonesia, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Anggota Dewan Perwakilan Daerah, Presiden dan Wakil Presiden, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah akan dipilih secara serentak.

Aspek keserentakan dari pemilu kali ini, menjadi ujian besar bagi Bawaslu sebagai Lembaga pengawas pemilu yang telah 11 tahun mendedikasikan dirinya menjaga hak pilih rakyat.

Menyadari hal tersebut, maka selama berlangsungya tahapan pemilu tahun 2019 yang dimulai sejak 17 Agustus Tahun 2017

Kita telah melakukan berbagai upaya serius guna mengakselerasi kesiapan dan kematangan seluruh jajaran dalam menghadapi setiap tahapan pemilu, termasuk menyiapkan penyelenggaraan pengawasan dimasa tenang.

"Hari pungut hitung dan rekapitulasi serta kesiapan penanganan pelanggaran dan potensi sengketa proses pemilu.

"Sebab tugas mengawasi pemilu adalah panggilan mulia yang harus kita tuntaskan dengan baik. Karena itu sudah sepatutnya pula kita meminta pertolongan Tuhan, agar kita dikuatkan dan dimampukan untuk menunaikan tugas dan panggilan ini dengan baik, hingga pada saatnya nanti seluruh jajaran bawaslu dapat mempertanggung-jawabkan amanah ini dihadapan Tuhan dan Seluruh rakyat Indonesia, "tutupnya.

Saudatul Ummah Ketua Bawaslu Kabupaten Kediri, menjelaskan, apel akbar ini untuk memastikan Bawaslu Kabupaten Kediri beserta jajaran di bawah itu sudah siap, dalam proses pencoblosan tanggal 17 April 2019.

"Kita gelar pasukan dan patroli pada pagi hari ini ini untuk memantapkan bahwa kita siap meningkatkan pengawasan dan juga memantapkan proses untuk menghadapi masa tenang, "jelasnya.

Ummah menambahkan, bahwa dengan gelar apel hari ini diikuti seluruh panwascam, masing-masing perwakilan 3 orang dari sekretariat itu ada 10, di masing-masing PPD seluruh desa ada 344 pengawas Pemilu Desa, serta pengawas TPS di masing-masing kecamatan itu ada perwakilan 4 orang. termasuk para undangan yang hadir dan juga dari keluarga Bawaslu Kabupaten undang kurang lebih 850 orang.

"Bawaslu mengharapkan partisipasi dari masyarakat, termasuk pesan-pesan yang tadi kita sampaikan untuk berantas money politik, Brantas politisasi yang mengandung Sara, termasuk juga praktek-praktek yang tidak seharusnya dilakukan, kecurangan yang selama ini ada kita harapkan proses itu benar-benar clear tidak ada sampai dengan masa coblosan nanti," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan apel akbar bawaslu, steakholder, jajaran komisioner KPU Kab Kediri, TNI, Polri, Dinas Kominfo, Gakkumdu, Forkopimda, Kejaksaan, Kesbangpol dan Satpol PP Kab Kediri. (prijo) 

  • Whatsapp

Index Berita