Aneka Kerajinan Tanah Datar Laku Terjual di Hall B JCC Jakarta

WARTASUMBAR.COM: TANAH DATAR - Pameran Kerajinan Nusantara yang dikemas dengan Kriyanusa tahun 2017, dan digagas oleh Dekranas pusat bekerja sama dengan dekranasda kabupaten/kota seluruh Indonesia tersebut, kali ini menfokuskan pada "Peningkatan Kreativitas Wirausaha Muda dalam hal Kriya Indonesia". Kegiatan yang menitik beratkan pada aneka kerajinan itu ternyata membawa berkah tersendiri bagi dunia usaha kerajinan di Tanah Datar.

Kenapa tidak, pasalnya stand pameran Tanah Datar yang terdapat di Hall B JCC Senayan tersebut tidak pernah sepi pengunjung. Memasuki hari keempat, Sabtu (30/09) aneka kerajinan songket Pandai Sikek, songket Pamusihan, tas/kambuik sulaman benang emas Sungayang dan kerajinan gelas serta cerek dari batok kelapa untuk menikmati seduhan daun kawa itu laku terjual.

Ayu, salah seorang usahawan muda Putri Ayu Songket Pandai Sikek Tanah Datar (IKM) yang dibawa oleh Dekranasda Tanah Datar dibawah pimpinan Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi, menuturkan pada awak media ini,

"setiap hari stand kita di Hall A JCC ini ramai dikunjungi pembeli pak", setiap hari selalu ada saja kain songket kita yang laku terjual, bahkan hari ini saja cukup banyak kain songket dan selendangnya yang kita modifikasi dengan suji diborong pembeli, sampai-sampai lupa makan siang saking sibuknya melayani mereka pak," ucap Ayu sembari tersenyum dengan senyumannya yang khas.

Ditempat terpisah Nahrenis salah seorang kasi di Dinas Koperindag Tanah Datar didampingi Ardiwan dan Maisarni dari Pengurus Dekranasda Tanah Datar, membenarkan kalau stand Tanah Datar setiap hari ramai Pengunjung, dan kerajinan songket sudah banyak terjual termasuk kerajinan lain yang kita bawa.

Ayu, usahawan muda Putri Ayu Songket Pandai Sikek ini, memang energik dalam menawarkan produk kita, bahkan ia sangat piawai dalam merayu pembeli pungkas Nahrenis yang akrab dipanggil Ren ini.

Geliat usaha tenun songket maupun sulaman dan aneka kerajinan lain di Tanah Datar saat ini, terus berkembang dan selalu dalam pembinaan Dekranasda setempat. Melihat kondisi tingginya peminat, pada ajang ajang seperti pameran kriyanusa ini, pemerintah daerah sebagai mitra Dekranasda harus dapat mendukung penuh kegiatan kerajinan di daerah, karena ini dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan juga menunjang pariwisata di Tanah Datar yang kaya budaya dan potensi wisata alam maupun kulinernya. (Ade)