H.Atos Pratama Buka lomba Kadarkum Tingkat Kabupaten Pasaman

 

PASAMAN, --- Wakil Bupati Pasaman H. Atos Pratama membuka acara secara resmi Lomba Kadarkum Tingkat Kabupaten Pasaman di Gedung Syamsiar Thaib, Selasa 10 Oktober 2017.

Ikut hadir dalam  Pembukaan Lomba Kadarkum tersebut  antara lain  Wakil Bupati Pasaman H. Atos Pratama, Kepala Kemenkumham Sumatera Barat di wakili oleh  Kabid Pelayanan Hukum Rahmat Huda SH. MM  Forkopimda Pasaman, Kepala SOPD, Camat dan Walinagari Se-kabupaten Pasaman.

Wakil Bupati Atos Pratama mengatakan, Kurangnya Kesadaran Hukum di tengah masyarakat sangat kita rasakan , itu terlihat banyak masalah hukum yang timbul di tengah Masyarakat seperti yang diberitakan di beberepa media masa, melihat kenyataan tersebut  Pemerintah Kabupaten Pasaman mempunyai perhatian yang besar. 

Lebih lanjut Wabup menyebutkan , Kegiatan pembinaan Suplemasi hukum sangat penting sekali , Pemerintah Kabupaten Pasaman di awal  tahun 2017 telah melaksanakan rangkaian kegiatan dalam upaya menumbuhkembangkan kesadaran hukum di tengah masyarakat melalui penyuluhan hukum di Nagari, sekaligus dengan pembentukan POSKUMDU (Pos Pelayanan Hukum Terpadu) di Masing masing kecamatan .

Sedangkan untuk kegiatan Poskumdu telah dilaksanakan pelayanan Hukum kepada Masyarakat  dengan jalan menfasilitasi Masyarakat yang sedang mempunyai  permasalahan Hukum , untuk dapat di berikan saran penyelesaian di Pos Pelayanan terpadu tambahnya , 

Diakhir sambutanya Wakil Bupati mengajak, Dengan telah di laksanakanya Lomba Kadarkum tersebut bisa di jadikan momentum penegakan Hukum dan menumbuh kembangkan budaya hukum di  Kabupaten Pasaman , sehingga nantinya bisa tercapai Masyarakat Pasaman yang Sejahtera, Agamais dan Berbudaya, dan kepada peserta di himbau untuk berlomba secara objektif dan Sportif,

Kemenkumham Sumatera Barat yang di wakili oleh Kabid Pelayanan Hukum Menkumham  sumbar Rahmat Huda SH MM  dalam arahanya menyebutkan, KemenkumHam Sumatera Barat sangat mengapresiasi terhadap kegiatan Lomba Kadarkum tersebut, karena Tidak semua Kabupaten Kota yang mengadakan acara tersebut dan dengan kegiatan lomba Kadarkum akan dapat memberikan manfaat  kepada  masyarakat terhadap pemahaman masalah Hukum, selanjutnya ia menghimbau ,kiranya kepada Seluruh Wali Nagari, Camat agar kiranya dapat mengsosialisasikan Kesadaran Hukum terhadap Masyarakat.

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Pasaman Eri Hermawan SH, meyebutkan Pelaksanaan Lomba tersebut  bertujuan dalam rangka menumbuh kembangkan Kesadaran Hukum di tengah Masyarakat sekaligus untuk ikut memeriahkan Hari Ulang tahun Kabupaten Pasaman yang ke 72, ia juga menyebutkan , kepada pemenang Lomba juga di Berikan Hadiah dan Thropy antara lain Juara I Uang Pembinaan sebesar 2.5 juta rupiah, Juara II uang Pembinaan sebesar 2 juta Rupiah , Juara III Uang Pembinaan sebesar 1,5 juta Rupiah , Harapan I sampai dengan IV diberikan uang Pembinaan sebesar I Juta Rupiah . sedangkan untuk peserta lomba di ikuti oleh 12 Kelompok Kadarkum masing masing terdiri dari 5 Orang yang di utus oleh Masing masing 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Pasaman . (IWO/Anto)