7 Alang (Lumbung) Milik Warga Pitung Penanian Roboh Diterjang Hujan Lebat dan Angin Kencang

INDONESIASATU.CO.ID:

TORAJA UTARA -- Pasca musibah hujan lebat dan angin kencang yang terjadi akhir-akhir ini yang melanda di akhir bulan maret, menyebabkan beberapa Lumbung (Alang) rusak parah di Lembang Pitung Penanian, Kecamatan Rantebua, Kabupaten Toraja Utara beberapa hari yang lalu.

Hujan deras yang disertai angin kencang, mengakibatkan sedikitnya 7 Alang (Lumbung) milik warga ambruk diguling angin.Tidak hanya itu saja, atap rumah milik salah seorang warga ikut diterbangkan angin.

Dari hasil penulusuran media ini dilapangan tadi pagi , Selasa (2/4/2019) di tempat kejadian ditemui langsung salah satu warga pemilik Lumbung di Tongkonan To' Punti Dusun Isson, Petrus Bunga ia mengatakan 7 Lumbung yang ambruk tersebut masing-masing Lumbung di To' Punti alias Kampung pisang 3 unit, Lumbung Tongkonan Kasimpo 2 unit, Lumbung Tongkonan Palangka 1unit, Tongkonan Batupapan 1 unit. 

Selain itu, pepohonan pun banyak yang tumbang pada saat kejadian tersebut. Sehingga menimpa jaringan listrik, Sabtu (30/3/2019) sore."Pada saat kejadian itu berlangsung kami berada di dalam rumah dan tidak menyangka Alang milik kami akan roboh diterpah angin kencang disertai hujan Es. Baru kali ini terjadi Alang milik kami tiba-tiba roboh dari sekian lamahnya," kata Petrus bunga.

Lanjut kata Petrus selain itu, hujan yang disertai angin kencang bersamaan hujan es batu juga berlangsung selama 2 jam.

"Kami bersama masyarakat dan rumpung keluarga di Tongkonan To' Punti kemarin pagi sudah membersihkan sisa puing-puing Lumbung. Apa boleh buat itu kejadian alam kita pasrah saja, kalau nantinya ada rejeki kami bersama rumpung keluarga akan mulai membangun ulang Lumbung kami dari awal lagi," ungkapnya.

Dari data yang diperoleh tidak ada Korban jiwa dalam kejadian tersebut. Namun warga pemilik Alang (Lumbung) diperkirakan menderita kerugian material hingga ratusan juta rupiah.

Reporter : Arlin

Editor     : Udn

  • Whatsapp

Index Berita